Implementasi Kurikulum 2013 SMK Negeri 3 Salatiga

Salatiga-Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang diluncurkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan sejak Juli 2013. Dengan adanya kurikulum baru ini, semua instansi pendidikan harus mengimplementasikan kurikulum ini mulai tahun pelajaran 2013/2014. Mesikpun banyak perdebatan yang menyertai peluncuran kurikulum ini, mau tidak mau kuirkulum ini harus dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. SMK Negeri 3 Salatiga ditunjuk sebagai salah satu sekolah yang menjadi pilot-project untuk pelaksanaan kurikulum 2013 di Kota Salatiga.

 

Untuk mempersiapkan pelaksanaan kurikulum 2013 di SMK Negeri 3 Salatiga,sekolah menyelenggarakan In House Training (IHT) yang dilaksanakan tanggal 19-20 Juli 2013. In House Training ini merupakan kegiatan pelatihan yang diperuntukan untuk seluruh guru di SMK Negeri 3 Salatiga.IHT ini sangat diperlukan karena kurikulum ini merupakan kurikulum yang benar-benar baru sehingga perlu ada sosialisasi kepada seluruh guru di SMK Negeri 3 Salatiga karena dalam penerapannya banyak penyesuaian yang harus dilakukan dari Silabus hingga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Narasumber dalam kegiatan IHT ini adalah guru SMK Negeri 3 Salatiga yang sebelumnya telah mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat. Mereka yang mengikuti diklat dan menjadi narasumber dalam IHT ini adalah Drs. Muh Thowil dan Puji Wijayanti, S.Pd. dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Diah Sulistyorini, S.Pd. dan Ahmad Abdul Mutholib, S.Pd. dari mata pelajaran Matematika, serta Sugiartini, S.Pd. dari mata pelajaran Sejarah. Untuk kurikulum 2013 ini, mata pelajaran untuk tingkat SMK yang telah dipersiapkan secara nasional adalah ketiga mata pelajaran ini.

Untuk ketiga mata pelajaran ini, dari pemerintah pusat telah menyiapkan baik buku pegangan guru maupun buku pegangan siswa dimana panduan minimal kegiatan pembelajaran telah ada dalam buku tersebut. Hal ini berbeda bagi mata pelajaran yang lain karena tidak memiliki modal apa-apa dalam pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Untuk itu dalam IHT ini diharapkan guru dari mata pelajaran yang lain dapat mengadopsi dan mengadaptasi dari tiga mata pelajaran yang telah dipersiapkan oleh pemrintah.

Dengan pelaksanaan IHT ini diharapkan guru mata pelajaran yang lain termasuk mata pelajaran produktif, dapat menyusun silabus sebagai panduan pengajaran berdasarkan kurikulum 2013 dengan mengadopsi kaidah penyusunan kurikulum 2013. Untuk Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk mata pelajaran produktif hingga saat ini masih belum terbit sehingga alternatifnya adalah mengadopsi SKL dari kurikulum sebelumnya (KTSP) dan menyesuaikan dengan spektrum kompetensi keahlian yang telah diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK.

Dari IHT ini dihasilkan silabus adaptasi kurikulum 2013 yang akan digunakan sebagai panduan sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013 ini. Pedoman ini sebagai pedoman pelaksanaan sementara sambil sekolah menunggu pedoman yang sebenarnya dari pemerintah untuk tingkat SMK. Hasil ini dipresentasikan kepada seluruh peserta oleh masing-masing program keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Salatiga.