RAPAT SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH BERSAMA ORANG TUA

RAPAT SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH BERSAMA ORANG TUA

Salatiga, smkn3salatiga.sch.id – Kamis (16/12/2021), 465 orang tua/wali siswa kelas X diundang pada Rapat Program Sosialisasi Bersama Orang tua yang diadakan di GOR SMK N 3 Salatiga agar orang tua dapat melihat langsung GOR yang sedianya akan dijadikan sarana pendukung kegiatan siswa. Rapat dilaksanakan sebelum penerimaan rapor siswa kelas X dengan menghadirkan ketua komite SMK N 3 Salatiga, Drs. Muthoin, M.Si yang diharapkan dapat menjembatani program sekolah dengan kepentingan orang tua.
Setelah acara pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kepala SMK N 3 Salatiga menyampaikan beberapa paparan pengantar program kerja secara terperinci. Hal pertama yang beliau sampaikan mengenai kurikulum SMK yang melaksanakan pembelajaran di dua tempat, yaitu sekolah dan industri. Pembahasan kedua tentang model pembelajaran Project Based Learning (PBL) yakni pembelajaran berbasis project riil dari dunia kerja. Ibu Ir. Nanik Sundari, M.M mengatakan bahwa, “SMK N 3 Salatiga juga telah dan akan mendatangkan guru tamu sehingga jumlah dan peran guru/instruktur dari industri dan ahli dari dunia kerja akan ditingkatkan secara signifikan. Hal ini tentunya penting bagi sekolah yang telah menyiapkan rencana tentang Praktek Kerja Lapangan (PKL) minimal 1 semester.”
Perihal hubungan industri, kepala sekolah juga menyampaikan program sekolah tentang lembaga sertifikasi profesi, di mana sertifikasi profesi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja. Pelaksanaan riset terapan menjadi sangat penting untuk mendukung program Teaching Factory yang bermula dari kasus/kebutuhan dan juga komitmen sekolah pada tingginya serapan lulusan oleh dunia kerja. Tampak pula transparansi estimasi biaya kunjungan industri (KI) ke Jawa Timur dan Bali atau Jabodetabek.
Kepala sekolah juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada beberapa prestasi dan kegiatan siswa, di antaranya kegiatan Jateng Ayo Berbagi, seperti adanya servis untuk para pengemudi Gojek oleh Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), servis bagi pengemudi angkot oleh jurusan Ototronika, pembagian tempat cuci tangan oleh siswa Jurusan Teknik Pengelasan dan jasa pengukuran tanah dan bangunan gratis bagi warga sekitar. Hal ini tentunya telah memberikan kesan khusus pada peserta rapat yang hadir. Tak lupa prestasi terhangat tentang perolehan medali emas tingkat nasional oleh siswa jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) yang telah meraih posisi terbaik.
Paparan yang telah disampaikan oleh Kepala SMK N 3 Salatiga disambut hangat oleh ketua komite sekolah, Drs. Muthoin, M.Si, yang menyatakan, “Komite sekolah berada di tengah kepentingan sekolah dan orang tua siswa dan bertindak sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam menentukan dan melaksanakan kebijakan pendidikan di sekolah”. Orang tua diajak bersama-sama mendukung program kerja sekolah dan bekerja sama dalam menyelesaikan pembangunan GOR untuk kegiatan sekolah. Pendekatan yang apik dan terperinci dari sekolah dan komite membuahkan persetujuan dari orangtua siswa untuk bersama-sama mendukung program sekolah demi terciptanya pembelajaran anak didik yang berkualitas dan menghasilkan lulusan SMK N 3 Salatiga yang cerdas berkualitas.

Jurnalis: Dwi Hastuti, S.Pd.

Tinggalkan Balasan